8 Tips Memilih CCTV

Posted On: 2012-12-07 00:05:43 ; Read: 10310 time(s)

 

Teknologi pengintai CCTV berkembang sedemikian pesat dan teknologi CCTV terbaru saat ini berupa IP Camera digital. Teknologi IP Camera digital ini memberikan keunggulan-keunggulan canggih untuk memonitor, merekam, dan melihat aktifitas di dalam maupun diluar propeti Anda. Dengan pilihan produk yang sangat banyak saat ini, memahami pilihan produk tersebut menjadi hal yang rumit atau membingungkan untuk sebagian orang. Apakah ingin menggunakan CCTV yang sudah ada atau mengadposi teknologi jenis baru seperti IP Camera digital?

Berikut ini adalah 8 tips untuk memilih CCTV yang cocok untuk kebutuhan Anda;

1.    Tetapkan Kriteria : Mengapa Saya membutuhkan CCTV?

Sangat penting untuk terlebih dahulu memahami apa yang Anda harapkan dari penggunaan CCTV. Apa yang orang lain anggap nyaman belum tentu memberikan kenyamanan yang sama untuk Anda. Apakah Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi mencegah penjahat atau maling? Untuk merekam akses dari bangunan atau halaman? Untuk merekam aktivitas pada saat waktu tertentu, contohnya ketika Anda bepergian? Anda juga harus berpikir tentang apa yang akan Anda lakukan dengan informasi yang didapat dari penggunaan CCTV. Seberapa lama Anda ingin menyimpan hasil rekaman? Seberapa sering Anda akam memonitornya? Dengan pertanyaan ini Anda akan dapat mengetahui mengenai spesifikasi kamera yang Anda inginkan seperti resolusi kamera, lensa kamera seberapa jauh, atau kapasitas penyimpanan yang diinginkan. Hal-hal ini akan memudahkan Anda memilih CCTV yang tepat bagi kebutuhan.

2.    Kebutuhan Dasar : Peralatan apa yang akan Saya butuhkan?

Pada dasarnya CCTV membutuhkan beberapa kamera yang sudah terpaket kan, software pendukung, dan DVR yang disertai media penyimpanan untuk mengolah gambar analog menjadi digital. Selain itu kebanyakan CCTV masih menggunakan kabel untuk menghubungkan CCTV yang satu dengan yang lain menuju DVR. Pada saat ini ada perkembangan teknologi CCTV yang lebih canggih berupa IP Camera Digital, IP Camera menghasilkan gambar digital sehingga tidak memerlukan DVR untuk mengolah gambar, selain itu IP Camera dapat di beli dalam jumlah satuan sesuai kebutuhan titik yang ingin diawasi.

3.    Pilihan Rekaman : Bagaimana Saya menyimpan hasil rekaman?

Untuk CCTV Anda memerlukan DVR yang terhubung dengan media penyimpanan untuk menyimpan hasil rekaman, sedangkan pada teknologi IP Camera, sudah banyak tersedia pilihan untuk menyimpan langsung hasil rekaman pada IP Camera tersebut menggunakan SD card. Untuk penyimpanan dalam jumlah besar Anda dapat juga mengintegrasikan PC atau server pada IP Camera dengan menggunakan software tertentu.

4.    Teknologi Pengintai : Bagaimana Saya memonitor gambar?

Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui system yang Anda inginkan untuk melihat gambar hasil kamera Anda. Apakah Anda menginginkan ruang khusus yang dioperasikan oleh karyawan yang terlatih untuk memonitor gerakan? Apakah Anda menginginkan jasa orang ketiga untuk memonitor property Anda? Apakan Anda menginginkan untuk mengakses kamera Anda sendiri dari mana saja dan di mana saja? Apakah Anda ingin menerima email atau tanda bahaya ketika aktivitas mencurigakan terdeteksi kamera Anda? IP Camera mempunyai teknologi langsung untuk terhubung dengan internet.

5.    Tetap Atau Bergerak : Apakah Saya membutuhkan kamera yang static atau dapat digerakan?

Kebanyakan CCTV belum dapat digerakan, IP Camera menjadi pilihan yang lebih fleksibel karena dapat menyediakan teknologi canggih seperti Pan Tilt Zoom (dapat di gerakan). Namun, dalam penggunaannya kadang dibutuhkan kombinasi antar yang static dan bergerak.

6.    Keunggulan Camera : Apakah Saya membutuhkan IP Camera atau CCTV analog?

Ketika CCTV analog ideal untuk dapat memonitor satu titik saja, IP Camera memiliki keunggulan yang lebih banyak dibanding dengan CCTV analog. IP Camera memiliki resolusi yang jauh di atas CCTV pada umumnya, IP Camera dapat menghasilkan gambar high definition atau Megapixel sehingga dapat mendukun cakupan area yang luas dan mengamati gambar lebih detail. Bahkan beberapa IP Camera sudah dilengkapi dengan infrared untuk melihat dalam gelap dan juga two way audio system untuk memonitor atau merekam suara di sekeliling kamera.

7.    Solusi Keamanan Pintar : Haruskah Saya menggabungkan CCTV dengan system keamanan yang lain?

CCTV kamera dapat di integrasikan dengan mudah untuk system keamanan yang lain seperti alarm keamanan.

8.    Berinvestasi Secara Bijak : Bagaimana menetapkan budget penggunaan CCTV?

Ini sangat bergantung dengan kebutuhan Anda sendiri. Biasanya IP Camera lebih mahal dari CCTV analog namun IP Camera dapat menyediakan keunggulan berlimpah untuk kenyamanan Anda. Terkadang penggunaan IP Camera menjadi lebih murah dari penggunaan CCTV, karena CCTV biasa dijual satu paket dengan DVR sebagai contoh 4 unit kamera dan 1 unit DVR. Sedangkan Anda dapat membeli IP Camera secara satuan atau dalam jumlah ganjil sesuai kebutuhan.

 

Foscam Indonesia dapat memenuhi kebutuhan Anda akan IP Camera dengan fitur lengkapnya seperti Wireless, Pan Tilt Zoom, Infrared, Smart Motion Detection, 2 Way Audio Communication, dan kemudahan integrasi dengan Operating System dan perangkat mobile Anda.

 

Kami Menjual IP Camera yang Terbaik untuk anda. Anda dapat melihat pilihan IP Camera yang dijual oleh kami di www.foscamindonesia.com 


 

Related Article
Posted On: 2012-10-01 16:12:42 ; Read: 3888 time(s)
[...]

 

Comments
No Comments Found!
Write Comment
Your Name


Your Email Address


Your Comment Note: HTML is not translated!
Enter the code in the box below:

Powered By FoscamIndo
Foscam Indonesia © 2018